Cerita Masa Sekolah


Asah Otak Dari Sang Wakil Kepala Sekolah




Ingat waktu di salah satu sekolah kejuruan, kami sekelas kebetulan guru mata pelajaran tidak masuk mengajar dan yang mengisi jam pelajaran adalah wakil kepala sekolah.Waduh,….kami yang rencana mau bolos sekolah tidak jadi karena sang wakil kepala sekolah tiba-tiba masuk ke kelas kami. Akhirnya niat membolos sekolah kami batalkan, (heheheheh……maaf jangan ditiru bagi generasi penerus ) hahahaha…..sport jantung jadinya. Namun sang wakil kepala sekolah datang masuk ke kelas kami dengan santainya.
Dan sang wakil kepala sekolah masuk dengan santainya masuk ke kelas, kami langsung memberi salam hormat tradisi murid sekolah. Dengan ramah sang waka sekolah memberi salam kembali kepada kami. Jantung kami sekelas berdetak agak slow karena kelihatan sang waka sekolah pasang muka ramah.
Sang waka sekolah kami memberikan game asah otak dengan membuat 8 kotak seperti di bawah ini :




                     Gambar 1              


8 kotak tersebut ( gambar 1 ) di isi dengan angka 1 sampai 8 yang antara kotak satu dengan kotak lainnya angkanya tidak boleh berdekatan dengan angka seperti  :




Gambar 2


Pada gambar di atas tersebut kami tidak boleh mengisi 8 kotak dengan angka yang berdekatan antara 1 dan 2 atau 2 dan 3 atau juga 5 dan 6 seterusnya. Wow…I feel so excited ( gaya logat bulenya cinta laura )…. Kami mulai corat-coret angka dalam kotak tersebut namun belum menemukan rumusnya, masih angkanya berdekatan teruuuusss dan teruuuusss.

Hehehehe……yang juara kelas pun sibuk mencocok kan angka tersebut, apalagi kami ( benak kami dalam hati ). Sang waka sekolahpun menanyakan “sudah ketemu belum jawabannya?” dan kami pun menjawab dengan kompak “ belum pak, sedikit lagi ”………. Selang berapa menit akhirnya kami dikejutkan dengan suara lantang dari salah satu teman kami “ SUDAH PAK…..!!!!! “

WOW….kami pun terkejut dan penasaran apa benar jawaban dari teman sekolah kami itu. “ silahkan maju ke depan dan tulis di papan tulis ini ( sambil menunjuk ke papan tulis) “ kata sang waka sekolah. Dengan pe de nya teman kami maju di depan dan menuliskan jawabannya dan ternyata benar. Dia menuliskan angka dalam 8 kotak itu seperti gambar di bawah ini :




 Gambar 3


Kami pun heran kok bisa ya…?....sedangkan teman kami yang juara kelaspun kurang cepat dengan teman kami itu. Tapi kami pun salut pada teman kami itu yang menemukan jawaban dari game asah otak yang diberikan sang waka sekolah itu, sampai kami beranggapan kalau teman kami yang juara kelas itu cuma berpatokan pada buku pelajaran saja. Hehehehe……sungguh su’udzon kami sama teman kami yang juara kelas. Biar bagaimanapun manusia itu pasti ada kelebihan dan kekurangan betul nggak brayyy….!!! .
            Sang wakil kepala sekolah pun bangga dengan teman kami itu, yang prestasinya biasa-biasa saja tapi menemukan jawaban game asah otak itu. Setelah itu kami semua penasaran dengan teman kami yang menjawab dengan benar itu. Kami pun kepoh ingin tahu caranya teman kami memformulasikan angka itu ( hahahaha….lebayy ). Kami lihat cuma beberapa coretan dan goresan saja. Jempol untukteman kami itu sebagai sportifitas kami untuk teman kami itu.
Dan pikiran jahil terlintas di otak kami, jangan – jangan sang wakil kepala sekolah kami pernah juga dikerjain dengan soal yang serupa oleh teman sejawatnya. Hmmmm….. tapi kami senang dengan game asah otak dari sang wakil kepala sekolah itu, membuat agak refresh otak kami dari buku pelajaran.
Dan setidak-tidaknya jadi modal kami kalau ada orang lain yang mau mengajak game asah otak, hehehehe…..ada modal buat bully orang lain…uupppsss….!!!.
Terima kasih buat sang wakil kepala sekolah kami…….
Biarpun buku pelajaran sedikit yang nyangkut di otak kami tapi yang ini kami masih ingat sampai kini.
BRAVOOO…..BUAT WAKIL KEPALA SEKOLAH KAMI, DAN SALUT BUAT TEMAN KAMI YANG MENEMUKAN JAWABANNYA....

No comments